Program Layanan dan Pembinaan Keprofesian 2019

Selain berfokus pada pendidikan formal, kampus juga menawarkan program pelatihan profesional. Tentunya mahasiswa sangat membutuhkan program ini karena mereka akan membutuhkannya setelah lulus atau melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Mereka tidak hanya sekedar menimba ilmu, namun juga dibimbing untuk mencapai jenjang lainnya, terutama pada bidang keahliannya. Program-program ini dikelola oleh siswa dan kebutuhan lainnya disediakan oleh kampus, seperti ruangan, kegiatan, dosen, dan lain-lain.

 

Tahsin al-Qur’an & Afkar di Ma’had Al-Aly, Keterampilan Dasar Mengajar (KDM) di Unit Lab. Micro Teaching, pelatihan pemetaan dan SIG di lab micro teaching. Beberapa program tersebut merupakan program – program yang dimiliki kampus untuk menunjang dalam bidang pembinaan keprofesian.

 

Penjelasan singkat salah satu program yang ditawarkan sekolah adalah program KDM atau Keterampilan Dasar Mengajar yang merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari mahasiswa, khususnya pelatihan guru mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa cara mengajar secara akurat dan tepat, dengan memperhatikan dasar-dasar pengetahuan yang ada. Setiap mahasiswa akan mempunyai kesempatan untuk mempraktikkan pengajarannya di kelas di depan mahasiswa lainnya dengan menggunakan peralatan yang sesuai. Program ini sangat relevan dan sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan mengajarnya. Jika mahasiswa mempunyai pengalaman terkait mengajar mata kuliah KMD ini, maka mahasiswa akan dengan mudah  melanjutkan ke jenjang berikutnya seperti magang, kerja, dan lain-lain. Hal ini akan menambah nilai bagi mahasiswa karena sudah mempunyai pengalaman.