Kelas C Ikuti Pelatihan Gugus Depan Kepramukaan Materi Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan

PGMI UIN Malang-Kamis, 3 Agustus 2023. Seluruh mahasiswa kelas PGMI-C kembali mengikuti kegiatan pramuka. Berbeda dengan hari sebelumnya, hari ini seluruh mahasiswa PGMI kelas C mendapatkan materi PDKMK (Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan). Kelas dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 pagi. Materi tersebut menjelaskan apa saja yang mendasari dalam setiap pelaksanaan mengajar atau mendampingi kegiatan pramuka pada setiap tingkatan (siaga, penegak, penggalang dan pandega). Hal itu juga termasuk prinsip dan metode yang harus dikuasai nantinya oleh seorang pembina pramuka.

Selain penyampaian mengenai prinsip dan metode dalam sistem kepramukaan. Terdapat juga materi mengenai tanda – tanda dalam kegiatan pramuka. Tanda – tanda tersebut diantaranya yaitu tanda pengenal gerakan pramuka dan juga tanda penghargaan pramuka. Dalam penyampaian materi, mahasiswa dapat mengetahui tanda-tanda apa saja yang menjadi pengenal pada anggota pramuka.

Selain itu mahasiswa juga mendapatkan penjelasan materi mengenai tanda penghargaan yang terdapat dalam kegiatan pramuka. Tanda ini diberikan pada setiap anggota pramuka sebagai bentuk penghargaan atas jasa, kesetiaan atau lain sebagainya. Sama dengan tanda pengenal pada anggota pramuka, tanda penghargaan ini juga memiliki tingkatan dalam memperolehnya.