Mengenal Pramuka dengan Belajar Sejarah dan PDKMK (Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan)

PGMI UIN Malang-Selasa,8 Agustus 2023, mahasiswa jurusan PGMI UIN Malang angkatan 2020 masih dalam suasana kepramukaan. Hari ini para mahasiswa khususnya kelas E belajar pramuka yakni materi tentang Sejarah dan PDKMK. Pembelajaran diawali dengan materi Sejarah oleh Kak Suci pada pukul 06.30. Diawal pembelajaran Kak Suci memberikan Ice Breaking yakni “perkenalan dengan bernyanyi secara berurutan”. Ini membuat suasana kelas menjadi seru dan semangat belajar. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Sejarah. Adapun materi yang disampaikan yaitu Bapak Pandu Dunia, Sejarah Pramuka Dunia, Sejarah Pramuka Indonesia dan masih banyak lagi.

Sekitar pukul 07.30 pembelajaran dialihkan di luar kelas. Dilanjut dengan pembentukan kelompok. Adapun masing-masing kelompok terdiri dari 4 mahasiswa dan setiap kelompok ditugasi untuk membuat nama kelompok (nama Reka), yel-yel atau jargon, dan membuat 5 buah soal. Waktu yang diberikan sekitar 30 menit. Setelah itu soal-soal tersebut dikirim kepada Kak Nay memalui Penanggungjawab kelas. Kemudian Kak Nay memberikan 10 soal untuk dijawab setiap kelompok dan kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi akan mendapatkan hadiah. Setelah menjawab 10 soal yang diberikan oleh Kak Nay jawaban dikumpulkan dan dikoreksi oleh kelompok lain. Setelah semua kelompok mendapatkan nilainya, giliran sekarang yakni unjuk keboleh. Setiap kelompok maju kedepan untuk menampilkan jargonya. Pembelajaran kali ini sangat menyenangkan karena selain belajar tentang materi Sejarah. Kita juga memperoleh ilmu-ilmu tentang cara mengelola kelas dengan seru dan pastinya tidak monoton.

Setelah materi Sejarah berakhir pukul 08.30 materi dilanjut dengan PDKMK oleh Kak Nay. PDKMK merupakan singkatan dari Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Yang didalamnya membahas tentang prinsip-prinsip dan metode kepramukaan, tanda pengenal gerakan pramuka, tanda penghargaan dan masih banyak. Materi ini di kelas melalui PPT. Disela-sela penyampaian materi. Kak Nay memberikan Ice Breaking berupa bernyanyi lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung” dengan gerakan yang khas sehingga membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Pada hari ini sangat banyak sekali ilmu-ilmu yang didapatkan dan juga kesenangan-kesenangan yang dirasakan. Semoga apa yang dipelajari dapat diamalkan sehingga menjadi ilmu yang barakah.