Pramuka PGMI Kelas E Melaksanakan Kegiatan Pramuka Materi “SGTD”

PGMI UIN Malang-Rabu, 9 Agustus 2023 pramuka PGMI kelas E melaksanakan pembelajaran SGTD. Pembelajaran kali ini dibina oleh Kak Rusma yang merupakan Pembina Pramuka dan juga alumni dari UIN Malang. Pembelajaran dimulai lebih cepat 30 menit dari pukul 07.30 sampai 09.30. Sebelum pembelajaran dimulai Kak Rusma sempat menanyakan tentang apa yang kalian ketahui SGTD? Dan apa makna dari warna pada setiap tingkatan Pramuka.

Secara sederhana SGTD merupakan kepanjangan dari Siaga-Penggalang-Penegak-Pandega. Secara umum pramuka Siaga adalah sebutan dari anggota pramuka yang berusia 7 sampai 10 tahun. Kode kehormatan pramuka siaga adalah Dwi Satya dan Dwi Dharma. Pramuka penggalang adalah sebutan bagi anggota pramuka yang berusia antara 11 hingga 15 tahun. Kode kehormatan pramuka penggalang adalah Tri Satya dan Dasa Dharma. Pramuka penegak adalah sebutan bagi anggota gerakan pramuka  yang berusia antara 16 sampai 20 tahun. Kode kehormatan pramuka penegak adalah Tri Satya dan Dasa Dharma. Pramuka pandega adalah sebutan bagi anggota gerakan pramuka  yang berusia antara 21 sampai 25 tahun. Kode kehormatan pramuka pandega adalah Tri Satya dan Dasa Dharma. Secara keseluruhan pembahasan yang disampaikan pada setiap tingkatan pramuka meliputi pengelompokan, seragam, bentuk upacara, SKU, tanda pengenal dan kegiatan.

 

Di samping itu materi yang disampaikan menjadi menyenangkan karena diselingi dengan bernyanyi lagu pramuka seperti Pramuka Sejati, Sebatas Patok Tenda dan juga ice breaking.